Minggu, 19 Juni 2016

Sudah Tau ? Beda UNIVERSITAS, AKADEMI, dan POLITEKNIK ?




 
Banyak yang belum tahu, apa perbedaan antara Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi. Namun yang pasti semuanya, khususnya di Indonesia, tergolong jenjang pendidikan tinggi.


Pendidikan tinggi, di Indonesia dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu kelompok pendidikan akademik dan pendidikan vokasi. Kelompok pendidikan akademik dalam proses pendidikan dan pengajarannya memiliki fokus dalam penguasaan ilmu pengetahuan bagi para lulusannya, sedangkan kelompok pendidikan vokasi lebih menitikberatkan pengajaran dan proses pendidikannya pada persiapan lulusan agar dapat mengaplikasikan keahliannya.


Institusi Pendidikan Tinggi yang menawarkan pendidikan akademik dan atau vokasi juga dapat dibedakan berdasarkan jenjang dan program studi yang ditawarkannya seperti universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi dan akademi komunitas. Masing-masing memiliki pengertian yang hampir mirip, namun masih tetap dapat dilihat sifat khasnya.


1. UNIVERSITAS
Universitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau teknologi. Jika telah memenuhi syarat, universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.


Universitas ini menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang sangat luas. Contoh, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Unsoed menyelenggarakan pendidikan yang berbeda-beda rumpun ilmunya. Mulai dari Agribisnis, Teknologi Pangan (rumpun ilmu-ilmu pertanian), Akuntansi, Manajemen (rumpun ilmu-ilmu ekonomi) sampai pada dokter gigi dan ilmu gizi (rumpun ilmu-ilmu kesehatan).

Selain pendidikan akademik, juga ada pendidikan vokasi dan profesinya. Seperti di Unsoed misalnya, untuk pendidikan vokasi ada teknik industri, akuntansi dan kesekretariatan. Sedangkan untuk pendidikan profesi ada program profesi akuntan, profesi ners, profesi dokter dan profesi dokter gigi.

2. INSTITUT

Institut merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, institut dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.


Pembedanya adalah sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu. Jadi lebih terbatas dari pada Universitas yang sangat luas. Jadi hanya pada beberapa rumpun ilmu-ilmu dan atau teknologi saja. Contoh paling gampang misalnya, Institut Teknologi Bandung (ITB). Semua jurusan yang ada di ITB, walaupun terdapat beberapa rumpun ilmu, namun semuanya fokus pada unsur TEKNIK dan TEKNOLOGInya. Mulai dari teknik kimia, teknik fisika, teknik kelautan, rekayasa pertanian, desain interior, desain komunikasi visual, sampai dengan jurusan perencanaan wilayah dan kota.


Jadi, Institut lebih fokus dan terbatas bidangnya dari pada universitas.

3. SEKOLAH TINGGI

Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.


Sekolah tinggi lebih sempit lagi pengertiannya, yaitu hanya pada satu rumpun ilmu pengetahuan saja. Contoh Sekolah Tinggi Agama Islam (fokus pada pendidikan rumpun ilmu-ilmu Agama Islam), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (fokus pada pendidikan rumpun ilmu-ilmu pendidikan dan pengajaran), atau Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (fokus pada pendidikan ilmu-ilmu kesehatan).


Salah satu contohnya adalah STIE AKA  (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) AKA semarang. Kampus yang terletak strategis dengan kota semarang di tengah kota yaitu Jl. Citarum No 44 Semarang, telp 024-3518019.
STIE AKA membuka program studi Management dan AKuntansi, saat ini program paling unggulan yang banyak di minati adalah SARJANA BERPENEMPATAN KERJA, hasil kerjasama dengan HRD Group Jawa tengah ( Perkumpulan HRD perusahaan sejawa tengah) dalam menerima kelulusanya sebelum wisuda, kerjasama ini sudah di atas hitam putihkan dalam bentuk Perjanjian kerjasama ( MoU)

Oya, pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2016 - 2016 sudah dibuka,hubungi saja di nomer 0896-6042-3719
atau lihat brosure terlampir

4. POLITEKNIK

Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.


Politeknik fokus pada pendidikan vokasi, artinya lebih pada penyiapan alumni untuk langsung menerapkan keahliannya. Keahliannya bisa macam-macam, bisa keahlian di bidang teknologi, bidang ekonomi atau lainnya. Biasanya jenjang yang ada adalah jenjang Diploma.


Salah satu contohnya adalah Politeknik Negeri Semarang .

5. AKADEMI 

Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu. Akademi lebih sempit dari pada sekolah tinggi ataupun politeknik, karena hanya menjalankan program pendidikan pada satu atau beberapa cabang keilmuan.


Bebeberapa contoh akademi misalnya, akademi kebidanan, akademi keperawatan, atau akademi kepolisian. Akademi-akademi tersebut hanya fokus pada keilmuan yang dipelajari sesuai dengan namanya. Jika Akper (akademi keperawatan), maka ia fokus pada pendidikan vokasi keperawatan saja, demikian juga akbid (akademi kebidanan) dan akpol (akademi kepolisian).


Akademi Kebidanan SOKO TUNGGAL Semarang, Terletak di jalan Citarum no 44 Semarang. AKademi ini sudah lama dalam meluluskan Bidan Profesional yang siap membantu Ibu dan Anak di asal mahasiswa masing masing, di bawah ini ada brosure telampir dengan kelebihanya dan kemudahannya. Terutama harga yang terjangkau.



Demikian perbedaan antara Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi dan Akademi komunitas. Semoga bermanfaat

sumber :
http://infomahasiswa.com/beda-universitas-institut-sekolah-tinggi-politeknik-akademi/ 


1 komentar: